Scholarship Information   Jobs Vacancy Information   Lowongan Kerja  
Your Ad Here



:: BEASISWA SEKOLAH INDONESIA :: 11.15.2006

GRE Indonesia

Kategori: Info seputar GRE di Indonesia dan luar negeri

TEST MELALUI KOMPUTER
GRE

Ujian GRE diambil oleh peserta yang melamar S-2. Informasi GRE dan Buletin Pendaftaran memberikan informasi rinci yang menjelaskan tentang ujian melalui komputer dan kebijakan serta prosedur program GRE. Semua peserta harus mendapat publikasi ini (diperbaharui setiap tahun ajaran) sebelum mengatur suatu penjadwalan ujian. Buletin disebarkan secara luas dan dapat diperoleh hampir di semua perguruan tinggi, universitas, dan Tempat Ujian Prometric.

Ujian Umum (General Test) yang diberikan melalui suatu ujian Computer Adaptive Test (CAT)*). Dalam suatu CAT, pertanyaan dipilih atau disesuaikan untuk peserta (oleh komputer) berdasarkan kinerja mereka pada pertanyaan-pertanyaan sebelumnya dan rancangan ujian. Ujian Umum (General Test) mengukur keterampilan verbal, kuantitatif, dan pemikiran analitis. Ujian Umum Tertulis sudah ditiadakan hampir di semua lokasi di dunia.

*) Bila jawaban salah, komputer akan memberikan pertanyaan berikutnya yang lebih mudah dan bila jawabannya benar, komputer akan memberikan pertanyaan yang lebih sulit.

Biaya Ujian: US$ 140.°°

Jadwal Ujian

GRE ditawarkan terus menerus sepanjang tahun (hari Senin – Jumat, jam 9.00 pagi) dan sekali sebulan pada hari Sabtu tanggal:

15 Januari, 2005

19 Februari, 2005

05 Maret, 2005

16 April, 2005

14 Mei, 2005

18 Juni, 2005
16 Juli, 2005

13 Agustus, 2005

17 September, 2005

15 Oktober, 2005

19 Nopember, 2005

17 Desember, 2005


Tanggal ujian berdasarkan “siapa cepat siapa dapat”.

Tempat Ujian

8801 / 8821

Menara Imperium, 28 th FI. Suite B

Jl. H.R. Rasuna Said, Superblok kav.1

Jakarta Selatan


Penjadwalan Ujian

Untuk pengaturan jadwal TOEFL, peserta harus menghubungi Prometric RRC (Regional Registration Center) Regional 6 di Kuala Lumpur – Malaysia.

Penjadwalan melalui telepon (60 – 3 – 7628-3333)

Tujuh (7) hari kalender kerja sebelum tanggal test yang merupakan pilihan pertama Anda. Pembayaran harus menggunakan kartu kredit (Visa, Master, American Express).

Penjadwalan melalui faks (60 – 3 – 7628-3366)

Tujuh (7) hari kalender kerja sebelum tanggal test yang merupakan pilihan pertama Anda. Pembayaran harus memakai kartu kredit (Visa, Master, American Express).

Penjadwalan melalui surat

Formulir pendaftaran harus diterima oleh RRC Regional 6 Kuala Lumpur, Malaysia selambat-lambatnya dua (2) minggu sebelum tanggal test yang merupakan pilihan pertama Anda.

Pembayaran dengan:

· Cek (ditujukan ke ETS-GRE)

· Wesel Bank (ditujukan ke ETS-GRE)

· Voucher CBT GRE

Mailing address:

Prometric

P.O. Box 12964

50794 Kuala Lumpur

Malaysia
Courier address:

Prometric B.V. Branch Office

Suite 21A-15-1

Faber Imperial Court

Jalan Sultan Ismail

50250 Kuala Lumpur - Malaysia

PERSYARATAN TANDA PENGENAL

Anda harus membawa Kartu Tanda Pengenal yang sah dan masih berlaku untuk dapat diterima di tempat ujian. Persyaratan pengenal diberlakukan dengan ketat. Bila Anda datang ke tempat ujian tanpa Kartu Tanda Pengenal yang disyaratkan, pelaksana ujian tidak akan menerima Anda dan Anda tidak dapat mengikuti ujian dan akan kehilangan biaya ujian.

Untuk warga negara Indonesia yang dapat diterima adalah:

· Paspor dengan foto dan tanda tangan;

· Kartu Tanda Penduduk (KTP) dengan foto dan tanda tangan (Resi yang ada foto dan tanda tangan, serta cap dari Kelurahan juga dapat diterima sebagai pengganti KTP); atau

· Surat Izin Mengemudi (SIM) dengan foto dan tanda tangan.

Mereka yang tidak berkewarganegaraan Indonesia harus menunjukkan paspor sebagai dokumen pengenal utama.

PEMBATALAN, PERUBAHAN JADWAL, DAN PENGEMBALIAN BIAYA

Peserta ujian GRE boleh mengubah atau membatalkan jadwal dengan menelepon RRC selambat-lambatnya tujuh hari kalender kerja sebelum tanggal ujian yang sudah ditetapkan. Sesudah lewat waktu itu, peserta ujian tidak boleh lagi mengubah jadwal dan akan kehilangan semua biaya ujian. Sebagai contoh, untuk membatalkan suatu ujian yang dijadwalkan hari Senin, seorang peserta harus memberitahu RRC selambat-lambatnya hari Senin sebelumnya, sebelum jam 12.00 siang. Pesan melalui mesin penjawab telepon tidak akan diterima.

Biaya Penjadwalan Ulang: Penjadwalan ulang GRE dikenakan biaya sebesar US$ 40.°° . Biaya hanya berlaku untuk penjadwalan atas permintaan peserta. Biaya tidak berlaku bagi pembatalan atau penjadwalan ulang yang muncul dari masalah-masalah yang terjadi di tempat ujian. Biaya penjadwalan ulang berlaku bagi semua ujian GRE.

Pengembalian sebagian: Seorang peserta yang membatalkan jadwal dalam tenggang waktu yang memenuhi persyaratan dan tidak menghendaki penjadwalan ulang berhak atas pengembalian sebagian dari biaya sebesar US$ 60.°° . Untuk itu, peserta diwajibkan menyerahkan permintaan tertulis kepada ETS.

PENTING

· Siapkanlah fotokopi Kartu Pengenal pada waktu Anda mendaftar.

· Pada waktu Anda menentukan atau mengubah jadwal, Anda harus memakai nama yang tertera di Kartu Pengenal Anda yang resmi yang akan Anda bawa ke tempat ujian pada hari ujian.

PEMENUHAN PERMINTAAN KHUSUS

Seseorang yang meminta kondisi ujian yang tidak baku harus mendaftarkan melalui ETS . Begitu menerima Surat Konfirmasi dari ETS, peserta harus menghubungi RSC untuk menjadwalkan ujian yang diinginkan. Sama halnya dengan semua peserta GRE, para peserta penyandang cacat harus mengambil ujian sebelum berakhirnya tanggal yang berlaku yang tertera di dalam Surat Konfirmasi peserta.

ANGKA UJIAN

Ujian Umum (General Test): Setelah menyelesaikan Ujian Umum, peserta mempunyai pilihan untuk melihat angka hasil ujian atau membatalkan angka itu sebelum melihatnya. Apabila peserta memilih untuk membatalkan angka Ujian Umum mereka, angka itu tidak dapat dihidupkan kembali dan tidak akan ada biaya pengembalian. Apabila peserta memilih untuk melihat angka itu, laporan angka yang tercetak akan dikirimkan dari ETS 10 sampai 15 hari setelah tanggal ujian. Begitu angka sudah dilihat, angka itu tidak dapat dibatalkan lagi.

Harap tunjukkan pertanyaan mengenai hasil ujian ke ETS pada e-mail address: gre-info@ets.org

FORMULIR PERMINTAAN LAPORAN ANGKA

Kadang-kadang, seorang peserta GRE mungkin saja ingin mengirimkan angkanya ke suatu institusi yang tidak terdaftar di daftar Designated Institution (DI) yang diberikan kepada para peserta setelah penyelesaian ujian atau secara tidak sengaja peserta menekan bagian komputer sebelum memilih keempat institusi. Dalam hal ini, peserta harus mengisi Score Report Request Form.

Laporan angka sampai dengan empat penerimaan sudah termasuk dan tanpa biaya tambahan kecuali apabila laporan itu sudah ditetapkan pada hari pelaksanaan ujian, sebelum meninggalkan tempat ujian. Formulir yang sudah dilengkapi harus dikembalikan ke ETS oleh pelaksana ujian,

bukan oleh peserta. Kembalikanlah Formulir Permintaan Laporan Angka yang telah diisi ke tempat ujian.

Para peserta yang menginginkan angkanya dikirimkan ke lebih dari empat institusi penerima harus mengisi dulu Formulir Permintaan Laporan Angka Tambahan atau Additional Score Report Form (ASR) yang terdapat di tengah buletin dan mengembalikannya kepada ETS bersama dengan pembayaran yang sah.

Daftar DI yang tercantum di Informasi GRE dan di Buletin Pendaftaran (GRE Information and Registration Bulletin) dapat digunakan peserta sebagai referensi informasi tentang institusi penerima angka yang akan diberi wewenang.

PENGUJIAN ULANG

Ujian Umum dapat diambil melalui komputer sekali dalam sebulan kalender kerja dan sebanyak-banyaknya lima kali dalam tenggang waktu 12 bulan. Bila seorang peserta ujian mengambil ujian lebih sering daripada ketentuan itu, angka-angka ujian kedua atau yang berikutnya tidak akan dilaporkan (walaupun angka sudah dibatalkan pada ujian awal). Biaya ujian tidak akan dikembalikan.

INFORMASI TAMBAHAN

Bila Anda mempunyai pertanyaan teknis mengenai cara kerja program ujian GRE atau administrasi ujian, hubungilah RSC Anda atau ETS.

Bila Anda tidak mendapat tanggapan yang memuaskan atau ingin membicarakan masalah lain, kirimkanlah surat atau faks ke

Educational Testing Service

Computer – Based Testing Network Management

Mail Stop 16 – Z

Princeton, NJ 08541

Faksimile: 1 – 609 – 406 - 5360

ATAU

International Operations

Prometric, Inc

1000 Lancaster Street

Baltimore, MD 21202

Faksimile: 1 – 443 – 923 – 8744

Untuk informasi tentang ujian GRE, pelayanan, kebijakan, atau prosedur bukalah website GRE di http://www.gre.org atau hubungi ETS di alamat berikut.

GRE ETS

P.O. Box 6000

Princeton, NJ 08541 – 6000, USA

Telepon: 1 – 609 – 771 – 7670

Faks: 1 – 609 – 771 – 7906

E- mail: gre-info@ets.org



Informasi mengenai akomodasi ujian GRE bagi peserta ujian penyandang cacat, hubungilah ETS di alamat berikut

GRE ETS Disability Services

P.O. Box 6054

Princeton, NJ 08541 – 6054, USA

Telepon: 1 – 609 – 771 – 7780

TTY: 1 – 609 – 771 – 7714

Faks: 1 – 609 – 771 – 7165.

Sumber: IIEF

0 Comments:

Post a Comment

<< Home