Scholarship Information   Jobs Vacancy Information   Lowongan Kerja  
Your Ad Here



:: BEASISWA SEKOLAH INDONESIA :: 11.16.2006

Info Belajar di Jepang

Kategori: Beasiswa dan persiapan studi/kuliah/belajar di Jepang

Informasi Kuliah di Jepang (sumber dari AIEJ dan pengalaman penulis)

oleh Asep Sofyan

Persiapan belajar di Jepang

Seseorang yang telah mempunyai motivasi untuk belajar di Jepang biasanya akan mencari informasi. Informasi yang penting diketahui adalah informasi umum tentang bagaimana belajar di Jepang seperti syarat, prosedur, biaya dan sebagainya. Syarat/prosedur melanjutkan studi di Jepang, yang pertama adalah melengkapi dokumen. Dokumen yang harus disiapkan diantaranya :


Pengisian Formulir Pendaftaran (disediakan universitas)

Daftar Riwayat Hidup

Transkrip nilai akhir

Ijazah pendidikan terakhir

Surat rekomendasi

Bukti kemampuan keuangan

Surat keterangan kesehatan

Pasfoto

Jika akan mengajukan beasiswa, selain syarat diatas juga harus melengkapi persyaratan lain yang diajukan oleh panitia seleksi beasiswa.

Penguasaan bahasa Jepang adalah sangat penting. Program pendidikan tinggi berbahasa Inggris masih terbatas di Jepang. Selain itu, bahasa Jepang sangat penting untuk sarana komunikasi di luar kampus, seperti di toko, stasiun dan sebagainya. Jalur program bahasa Jepang terdiri dari 2 jenis, yaitu melalui Bekka dan melalui lembaga pendidikan bahasa. Bekka merupakan program persiapan ujian universitas, terdapat di 58 universitas swasta. Program Bekka merupakan program reguler dengan lama studi kurang dari 1 tahun. Jalur lain yaitu melalui lembaga pendidikan bahasa yang dapat dilakukan di 373 buah lembaga bahasa yang diakui oleh Association for the Promotion of Japanese Language Eduation.

Bagi penerima beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho), kursus bahasa dilakukan di Indonesia melalui program Pre Overseas Training, kemudian dilanjutkan di Jepang dengan kursus intensif di pusat bahasa baik di universitas maupun lembaga lain yang ditunjuk.



Program Sarjana dan Pasca Sarjana di Jepang

Jepang memiliki 63 College of Technology, 2.967 Specialized Training College, 531 Junior College, 684 Program Sarjana dan 506 Program Pasca Sarjana. Informasi selengkapnya bisa dilihat di situs web AIEJ (Association of International Education, Japan). Untuk Indonesia, kantor AIEJ ada di :

Japan Educational Information Center, Jakarta
5F Summitmas Tower 1 Jalan Jenderal Sudirman KAV 61-62,
Jakarta 12190, INDONESIA
TEL + 62-21-252-1912, FAX + 62-21-252-1913, E-Mail ryugaku@nippon-ina.org

Tahun ajaran baru perkuliahan S-1 di Jepang dimulai bulan April dan berakhir pada bulan Maret tahun berikutnya. Perkuliahan dibagi menjadi 2 semester, yaitu semester awal (April-September) dan semester akhir (Oktober-Maret). Masa studi program sarjana (S-1) regular di Jepang adalah 4 tahun, kecuali untuk jurusan kedokteran, kedokteran gigi, dan kedokteran hewan 6 tahun.

Syarat masuk program sarjana adalah telah menyelesaikan 12 tahun masa pendidikan (SD, SLTP, SLTA) di negara asal dan lulus ujian masuk universitas. Ujian masuk pada umumnya berupa ujian khusus bagi mahasiswa asing yang harus diikuti di dalam Jepang yang digabungkan dengan seleksi lain seperti seleksi dokumen, wawancara, dan seleksi kemampuan akademik khusus. Ada pula universitas yang memberikan ijin masuk sebelum kedatangan siswa ke Jepang (sekitar 70 universitas), dan universitas yang mengadakan ujian masuk di luar Jepang (sekitar 30 universitas), serta universitas yang menyeleksi hanya berdasar seleksi dokumen (20 universitas). Disamping itu ada pula universitas yang menetapkan berdasarkan hasil EJU.

EJU (Examination for Japanese University Admission for International Students) dilaksanakan oleh AIEJ 2 kali setahun yaitu pada bulan Juni dan bulan November di 15 kota di Jepang dan 11 kota negara di beberapa negara Asia. Untuk Indonesia ada di Jakarta dan Surabaya. Bahasa pengantar EJU bahasa Jepang dan Inggris. Mata ujian EJU meliputi :

Japanese as a Foreign Language

Science (pilih 2 diantara fisika, kimia, dan biologi)

Japan & the World (ilmu pengetahuan umum tentang Jepang dan dunia)

Mathematics

@

Beasiswa Belajar di Jepang

Beasiswa belajar di Jepang terdiri dari 2 jenis, yaitu beasiswa yang bisa dilamar dari luar Jepang sebelum kedatangan di Jepang, dan beasiswa yang dilamar setelah kedatangan di Jepang.

1) Beasiswa yang bisa dilamar dari luar Jepang sebelum kedatangan di Jepang.

Beasiswa ini terdiri dari beasiswa dari Pemerintah Jepang (Monbukagakusho), program reservasi dari MEXT, beasiswa dari pemerintah daerah di Jepang, beasiswa dari lembaga swasta, dan program studi jangka pendek.

Beasiswa Monbukagakusho terdiri dari beasiswa G to G (Government to Government) yaitu beasiswa yang direkomendasikan oleh Kedubes Jepang, dan beasiswa U to U (University to University) yaitu yang direkomendasikan universitas di Jepang.

Beasiswa Monbukagakusho G to G :

Research student / teacher training : 180.300 yen/bulan

Sarjana, Diploma 3, Diploma 2, Japanese Studies : 139.200 yen/bulan

Young Leaders Program : 269.500 yen/bulan

Beasiswa Monbukagakusho U to U :

Research student : 180.300 yen/bulan

Japanese studies : 139.200 yen/bulan

Selain beasiswa Monbukagakusho, beasiswa lain adalah :

Program Reservasi dari MEXT untuk mahasiswa asing biaya sendiri, yaitu peserta EJU terbaik (52.000 yen/bulan).

Pemerintah daerah di Jepang (hanya 1 pemerintah daerah, 106.319 yen/bulan).

Lembaga Swasta (13 lembaga swasta, rata-rata 106.319 yen/bulan)

Program studi jangka pendek, yaitu siswa program pertukaran antar universitas (80.000 yen/bulan).

2) Beasiswa yang bisa dilamar di Jepang setelah kedatangan di Jepang

Beasiswa ini terdiri dari :

Pemerintah Jepang (Monbukagakusho = MEXT), hasil perekrutan di Jepang, research student (180.300 yen/bln), S-1 (139.200 yen/bulan).

"Honors Scholarship" bagi mahasiswa asing biaya sendiri dari Monbukagakusho. Jumlah beasiswa 52.000 yen/bulan yang diperuntukkan bagi Program persiapan masuk Universitas, siswa Diploma 2/3, siswa Bekka, dan siswa Junior College. Sedangkan untuk Research Student/S2/S3, besarnya 73.000 yen/bulan.

Pemerintah daerah di Jepang, 37 lembaga di 30 daerah, rata-rata 22.559 yen/bulan.

Lembaga swasta (167 lembaga), rata-rata 54.914 yen/bulan.

Beasiswa dari Universitas

Beasiswa berupa pengurangan biaya kuliah (sekitar 406 yayasan).

Situs Asep Sofyan

0 Comments:

Post a Comment

<< Home