Scholarship Information   Jobs Vacancy Information   Lowongan Kerja  
Your Ad Here



:: BEASISWA SEKOLAH INDONESIA :: 11.15.2006

Mengapa studi di Jerman?

Kategori: studi/belajar/kuliah/sekolah di jerman

Mengapa studi di Jerman?

Animo masyarakat Indonesia untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri sangatlah besar. Hal ini bisa dilihat dari gencarnya lembaga-lembaga pendidikan asing melakukan promosi secara rutin, baik melalui media massa maupun melalui Expo pendidikan.

Jerman adalah salah satu negara tujuan yang cukup diminati calon mahasiswa dari Indonesia. Saat ini tercatat ada ribuan mahasiswa asal Indonesia (ada data di KBRI?) yang sedang belajar di universitas-universitas di Jerman.

Mengapa banyak orang ingin sekolah ke Jerman? Setiap orang tentu memiliki alasan sendiri-sendiri. Akan tetapi setidaknya ada alasan penting, diantaranya:

1) Jerman adalah salah satu negara paling maju di dunia. Ekonomi Jerman (dilihat dari Produk Domestik Brutto) menduduki peringkat ke-3 setelah Amerika Serikat dan Jepang.

2) Kualitas pendidikan dan penelitian yang sangat baik. Kemajuan ekonomi Jerman (dan juga Jepang), khususnya setelah perang dunia ke-2, tentunya tidak bisa dilepaskan dari kualitas pendidikan mereka.

3) Biaya pendidikan yang relatif murah. Pemerintah dan masyarakat Jerman menganut sistem sosial demokrat yang menjamin semua warganya untuk mendapatkan pendidikan dan penghidupan yang layak. Pendidikan merupakan hak setiap warganya, sehingga pemerintah Jerman menanggung hampir seluruh pembiayaan untuk itu. Pendidikan dari jenjang sekolah dasar sampai dengan jenjang program doktor bisa dikatakan gratis, baik untuk warga negara Jerman maupun untuk orang asing yang belajar di Jerman. Kalaupun ada beaya yang dipungut dari mahasiswa, jumlahnya sangat kecil (jauh lebih kecil dibandingkan dengan biaya kuliah di Indonesia sekalipun).

0 Comments:

Post a Comment

<< Home