Scholarship Information   Jobs Vacancy Information   Lowongan Kerja  
Your Ad Here



:: BEASISWA SEKOLAH INDONESIA :: 11.15.2006

Program Beasiswa untuk Anak Asuh oleh KPII

Kategori: Beasiswa Program Beasiswa untuk Anak Asuh oleh KPII

Assalaamu'alaikum wr wb

KPII adalah Keluarga Pelajar Islam Indonesia, merupakan organisasi yang mayoritas anggotanya adalah pelajar-pelajar muslim Indonesia yang bermukim di Sydney dan sekitarnya. Organisasi ini memilki banyak aktifitas diantaranya aktifitas dakwah yang terdiri dari pengajian-pengajian yang rutin di selenggarakan setiap minggu dan setiap bulannya, aktifitas rihlah yaitu wisata dakwah dan family gathering, aktifitas sosial yakni mengumpulkan dana sumbangan dari jamaah untuk disalurkan ke daerah-daerah baik di Indonesia maupun negara lain yang sangat membutuhkan bantuan, baik itu bantuan pangan di daerah yang penduduknya terkena musibah kelaparan, bantuan installasi air bersih untuk daerah gempa Bantul dan Klaten, bantuan dana untuk korban tsunamy di Aceh dan sekitarnya dan insha Alloh yang baru saja dicanangkan kembali yaitu program beasiswa untuk anak-anak asuh di Indonesia.


Ikhwah fillah rahimakumullah, masalah pendidikan bagi mayoritas penduduk Indonesia yang hidup dibawah garis kemiskinan merupakan masalah yang cukup serius.

Berikut ini bukti-bukti yang menunjukkan problematika pendidikan di Indonesia saat ini:

4,5 juta anak yang tidak bisa sekolah usia 7 - 15 th secara nasional (11,47%). Sumber : BKKBN (2004).
Tidak kurang dari 8,45 juta siswa miskin, 2,27 juta anak yang terpaksa harus putus sekolah dan 3,16 juta anak tidak melanjutkan sekolah atau belum pernah bersekolah. Sumber : Menteri Komunikasi dan Informatika, disampaikan ketika presentasi tentang pengurangan subsidi BBM (2005).
Biaya operasional pendidikan anak usia 5-17 tahun yang berjumlah 28 juta jiwa akan memakan dana sebesar Rp 49 triliun per tahun Adapun dana kompensasi BBM untuk biaya pendidikan sebesar Rp 5,6 triliun untuk 9,6 juta. Berarti, untuk membebaskan seluruh biaya pendidikan anak usia 5-17 tahun pemerintah masih kekurangan dana sebesar Rp 43,4 triliun. Sumber : Bappenas dan Depdiknas (2005).
usaha kristenisasi dan katolikisasi yang saat ini berlangsung di yogyakarta dan sekitarnya, dimana dana bantuan dari luar negeri (vatikan dan zending) diberikan dengan bersyarat. Target pertama misi tersebut adalah orang2 yang bertindak sebagai penyalur dana dan diikuti oleh penerima dana.
Untuk mengatasi problematika diatas, maka Departemen Sosial Keluarga Pelajar Islam Indonesia mencanangkan program beasiswa untuk anak asuh.



Program beasiswa untuk anak asuh ini juga memiliki beberapa tujuan diantaranya adalah:

1. Memberikan bantuan dana pendidikan kepada anak yatim dan keluarga pra-sejahtera
2. Memenuhi kebutuhan hak anak-anak muslim
3. Memberikan kesempatan dan semangat untuk melanjutkan pendidikan kepada anak-anak muslim yang berprestasi
4. Menjadi wadah bagi orang tua asuh untuk dapat meningkatkan kualitas pendidikan bagi anak-anak muslim di Indonesia
5. Menjadikan kegiatan ini sebagai wadah bagi umat Islam yang ingin berpartisipasi sebagai orang tua asuh.



Beasiswa diberikan kepada anak-anak asuh setiap bulan selama setahun.

Pemberian beasiswa kepada anak asuh dilakukan dengan syarat tertentu dimana hal ini dibolehkan dalam syariat islam. Bahkan ALlah SWT berfirman dalam QS Adz Dzariyaat ayat 56 " Wa maa khalaqtul jinna wal insa illa liya'buduun" (Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku).

Syarat yang telah ditetapkan sesuai konsesus bersama adalah penanggung jawab ( cluster manager) akan secara kontinyu memonitor progres/kemajuan dalam ilmu agama dan ilmu pengetahuan dari masing-masing anak asuhnya.

Caranya adalah pada setiap penyerahan beasiswa selanjutnya setiap anak asuh diwajibkan untuk menyetor kepada cluster manager hafalan 5 ayat suci Al-Qur'an yang dilafadzkan secara benar (tajwid dan panjang/pendeknya). Selain itu setiap anak asuh juga diwajibkan melaporkan nilai-nilai ulangan atau pekerjaan rumah-nya kepada cluster manager untuk mengetahui sejauh mana prestasi anak asuh disekolahnya masing-masing. Selain itu para wali juga diwajibkan untuk memantau perkembangan anak-anaknya yang ikut program anak asuh agar anak-anak tersebut dapat diikutkan seterusnya selama program berjalan.

Selain itu untuk lebih meningkatkan pencapaian target dari masing-masing anak asuh dan mengingat makin mendekatnya bulan suci Ramadhan 1427 H, maka pada bulan puasa yang akan datang akan diselenggarakan lomba :
1. Hafalan Al-Qur'an 1 juzz;
2. Kesempurnaan shalat wajib;
3. Menulis ayat Al-Qur'an (kaligrafi).

Alhamdulillah di bulan Agustus 2006 ini kita telah memiliki 20 anak asuh tersebar di wilayah Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bandung dan insha Alloh menyusul tambahan sepuluh anak asuh lagi dari Yogyakarta. Sehingga insha Alloh total keseluruhan jumlah anak asuh KPII yaitu 30 orang.

Mereka terdiri dari siswa SD atau setingkat, SMP atau setingkat dan SMA atau setingkat.

Alhamdulillah lebih dari 30 orang telah menyatakan komimentnya untuk menjadi orang tua asuh bagi anak-anak asuh di Indonesia.

Insha Alloh dengan semakin banyaknya jumlah orang tua asuh dan sumbangan yang masuk maka di bulan-bulan mendatang insha Alloh kita akan menambah jumlah anak-anak asuh yang akan mendapatkan beasiswa, yakni di daerah Aceh, Padang, serta daerah-daerah Indonesia lainnya yang membutuhkan bantuan.

Adapun perincian biaya yang dibutuhkan rata-rata per anak asuh setiap bulannya adalah sbb:
Biaya pendidikan formal: Rp 30.000,00 / bulan
Biaya transportasi: Rp 30.000,00 / bulan
Biaya pembelian buku/perlengkapan sekolah: Rp 30.000,00 / bulan
Biaya lain-lain: Rp 10.000,00 / bulan
Total biaya per anak asuh: Rp 100.000,00 / bulan

Sehingga untuk 30 anak asuh, perbulannya kami mengirimkan sumbangan kurang lebih 3 juta rupiah.

Orang tua asuh dapat menyerahkan sumbangannya dengan dua cara:

1. pembayaran tunai melalui mbak Lisa saat bertemu.

2. pembayaran dengan deposit atau transfer uang ke a/c berikut ini:

Account Name: Lisa Utami
Bank Detail : St George Bank, BSB number 112 879
Account Number: 128041573

Untuk informasi lebih jauh ihwal program beasiswa untuk anak asuh ini, rekan-rekan dapat mengontak saya di nomor berikut ini: 0421 484 143, 0433 201 691 atau 0424 815 794, atau dapat pula mengirim email ke alamat berikut ini: lisa_utami@yahoo.com.auThis email address is being protected from spam bots, you need Javascript enabled to view it

Demikian sekilas info tentang program beasiswa untuk anak asuh oleh KPII ini.

Akhirul kata kami ucapkan Jazakumullah khairan katsiraa.

Wassalaamu'alaikum wr wb

Penanggung Jawab

Program Beasiswa untuk Anak Asuh
Sumber: anak-asuh.kpii.net

0 Comments:

Post a Comment

<< Home