Scholarship Information   Jobs Vacancy Information   Lowongan Kerja  
Your Ad Here



:: BEASISWA SEKOLAH INDONESIA :: 12.09.2006

Tentang NEC Indonesia

Kategori: Beasiswa belanda

Sejarah
Kerja sama antara Indonesia dengan Belanda mempunyai latar belakang sejarah yang panjang. Pada tahun 70 dan 80-an banyak universitas dari Belanda merancang berbagai bentuk kerjasama yang dapat dijalin dengan universitas-universitas di Indonesia, dan seringkali disubsidi melalui program-program tertentu. Banyak program kerja sama ini berakhir secara mendadak atau ditunda, karena pada tahun 1992 Presiden Soeharto melarang semua jenis kerja sama pembangunan dengan Belanda. Tetapi untungnya banyak universitas Belanda berhasil melanjutkan kerjasama meski dengan skala yang jauh lebih kecil.


Berdirinya NEC
Pada 1995, banyak lembaga telah menghidupkan kembali kegiatannya di Indonesia. Pentingnya untuk mengkoordinasikan berbagai aktivitas tersebut dan untuk mempromosikan pendidikan tinggi Belanda di Indonesia memang dirasa perlu. Pada 1996, organisasi yang memayungi lembaga Pendidikan Tinggi Belanda mendirikan Netherlands Education Centre. Dewan NEC terdiri dari wakil-wakil organisasi yang memayungi lembaga tersebut dan dipimpin oleh direktur Nuffic.



Sasaran
Dalam anggaran dasar, tujuan utama NEC adalah untuk untuk mewakili kepentingan pendidikan tinggi Belanda di Indonesia. Fungsi-fungsinya antara lain:

menyediakan informasi tentang sistim Pendidikan Belanda,
mengusulkan atau memfasilitasi proyek-proyek kerja sama baik di Indonesia maupun di Belanda,
mengusulkan dan memfasilitasi kerja sama bilateral antara Indonesia dan lembaga-lembaga pendidikan tinggi Belanda.


Kegiatan
Lambat laun kegiatan-kegiatan NEC telah berkembang. Saat ini NEC telah melaksanakan banyak kegiatan yang berhubungan dengan pendidikan atas nama Kedutaan Belanda di Jakarta, seperti program beasiswa dan promosi umum pendidikan di Belanda. Pemerintah Indonesia melihat NEC sebagai pusat referensi untuk Pendidikan Belanda. Semakin sering NEC terlibat dalam mencari mitra yang cocok untuk bekerjasama baik dengan lembaga Indonesia ataupun dengan Pendidikan Tinggi Belanda.

Dalam program TPSDP untuk memperkuat Pendidikan Tinggi di Indonesia disponsori oleh Asian Development Bank, NEC menawarkan bantuan bagi universitas-universitas dan lembaga pendidikan tinggi di Indonesia dalam mencari program-program studi yang paling sesuai, serta mencari bantuan teknis. Sejalan dengan kegiatan promosi lainnya seperti penyelenggaran Holland Education Fair atau Pameran Pendidikan Belanda yang diadakan setahun sekali. Disamping NEC juga ikut berpartisipasi dalam berbagai pameran pendidikan dalam skala yang lebih kecil yang diadakan oleh berbagai lembaga pendidikan tinggi di Indonesia.

Dengan adanya NEC, sangatlah mungkin untuk mempresentasikan segala aspek dari pendidikan tinggi Belanda secara berkesinambungan.

NEC membantu siswa mencari informasi umum tentang pendidikan tinggi Belanda diantaranya: sistem pendidikan tinggi, persyaratan studi, biaya kuliah, prosedur pendaftaran, melalui layanan konseling dan juga termasuk memberikan penjelasan dan arahan sebelum keberangkatan tanpa dikenakan biaya apa pun.

ALAMAT NEC INDONESIA

JAKARTA
Netherlands Education Centre
Menara Jamsostek 20th floor
Jl. Gatot Subroto no.38
Jakarta 12710, Indonesia


Tel (+62 21) 5290 2172
Fax (+62 21) 5290 2173
e-mail: general@nec.or.id

Office Hour
Mon - Fri: 08:30 - 17:00
Sat: 09:00 - 13:00

SURABAYA

The International Village
Universitas Surabaya
Raya Kalirungkut Surabaya 60293

Phone: (62 31) 298 1328
Fax: (62 31) 298 1329
email: necsby@mitra.net.id

Office Hour
Mon - Fri: 08:30 - 17:00
Sat: 09:00 - 13:00

0 Comments:

Post a Comment

<< Home